Kawasaki KLX 230 Resmi Diluncurkan di Indonesia, Berikut Spesifikasi dan Harganya

admin

Kawasaki KLX 230 Resmi

Kawasaki KLX 230 Resmi Diluncurkan di Indonesia, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Aufaproject46.com Hallo Sobat otomotif, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi meluncurkan motor dwiguna terbarunya, Kawasaki KLX230S dan KLX230SM, untuk para pecinta mobil Tanah Air.

Ya, Kawasaki KLX230S adalah sepeda motor trail, dan KLX230SM adalah Supermoto.

“Saya berharap model ini bisa memuaskan para pecinta motor Kawasaki di Indonesia,” kata Direktur Utama PT KMI dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (6 September 2022).

Sementara itu, Direktur Penjualan dan Promosi KMI Michael C. Tanadhi mengatakan, KMI telah menunggu momentum ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen di tanah air.

“Kawasaki selalu berusaha untuk mengembangkan teknologi baru,” jelas Mihcael.

Nah, para pecinta Motor trail penasaran gimana serunya motor trail dan Supermoto terbaru, simak komentarnya di bawah ini:

Kawasaki KLX230S dan KLX230SM

Kawasaki KLX230S diklaim memiliki peningkatan yang lebih agresif dari model sebelumnya. Sepeda off-road dikatakan menawarkan beberapa keunggulan, termasuk tenaga yang lebih konsisten, sasis yang kokoh, dan performa tinggi.

Selain itu, untuk model terbaru, Kawasaki mengklaim tampilan yang unik dengan low seat 830mm atau low design seat. berbeda dengan tipe sebelumnya.

“Kami berharap para pecinta sepeda off-road dapat menikmati tampilan dan spesifikasi yang lebih bertenaga ini,” tambah Michael.

Kawasaki KLX230SM benar-benar cocok untuk siapa saja yang menyukai motor sekelas Supermoto.

Motor ini juga diklaim lebih ringan dari model D-Tracker X, tetapi menawarkan motor yang kuat, ringan dan mudah untuk bermanuver di dalam kota.

Kawasaki KLX230SM sudah memiliki desain SOHC dua katup yang simpel dan kokoh, serta perawatan yang mudah.

Karena cocok untuk penggunaan perkotaan, kaki-kaki KLX230SM dilengkapi dengan suspensi, roda, dan sistem pengereman yang bertenaga.

Dibandingkan dengan KLX230S, pengaturan yang lebih kaku memberikan ketenangan menyelam di depan yang lebih sedikit daripada KLX230S saat pengereman.

Baca Juga :   Siaran Ulang Full Race MotoGP Assen Belanda 2021

Spesifikasi Kawasaki KLX 230

Kawasaki KLX 230 Resmi

Mesin

  • Tipe Mesin: SOHC, Pendingin udara, 4-Tak, Single
  • Kapasitas Mesin: 233 cc
  • Silinder: Silinder Tunggal
  • Diameter x Langkah: 67.0 x 66.0 mm
  • Perbandingan Kompresi: 9.4:1
  • Tenaga Maksimal: 14.0 kW (19 PS) / 7,600 rpm
  • Torsi Maksimal: 19.8 N•m (2.0 kgƒ•m) / 6,100 rpm
  • Tipe Transmisi: Manual, 6-percepatan
  • Tipe Starter: Elektrik
  • Sistem Bahan Bakar: Fuel injection (32 x 1)
  • Bahan Bakar: Bensin

Rangka

  • Tipe Rangka: Diamond Frame
  • Suspensi Depan: Telescopic fork
  • Suspensi Belakang: New Uni Trak Swingarm
  • Rem Depan: Single 240 mm petal disc
  • Rem Belakang: Single 220 mm petal disc
  • Sistem Pengereman: ABS
  • Ban Depan: 2.75-21 45P
  • Ban Belakang: 4.10-18 59P

Dimensi

  • Panjang: 2.105 mm
  • Lebar: 835 mm
  • Tinggi: 1.165 mm
  • Jarak Sumbu Roda: 1,380 mm
  • Tinggi Tempat Duduk: – – –
  • Berat: 132 Kg
  • Kapasitas Tangki: 7.5 L

Kelistrikan

  • Tipe Baterai / Aki: – – –
  • Sistem Pengapian: B&C (TCBI, EL. ADV. D.)
  • Tipe Busi: – – –

Kesimpulan:

Spesifikasi Kawasaki KLX 230 yang berkapasitas mesin sebesar 233 cc ini memiliki tenaga sebesar 14.0 kW {19 PS} / 7,600 rpm. Spek Kawasaki KLX 230 menggunakan bahan bakar Bensin dan berjenis motor Sport.

Nah Berikut Rincia Spesifikasi Kawasaki KLX 230

Desain Kawasaki KLX 230

Pertama, kita akan mengulas spesifikasi Kawasaki KLX 230 dari bagian desain fisik.

Sekilas, konsep motor dual purpose ini sangat kokoh. Terlihat sangat menarik dalam gaya KLX 150, yang merupakan persyaratan untuk motor motocross modern dan futuristik.

Diakui, filosofi desain Kawasaki KLX 1230 juga disinggung berdasarkan ukuran bodi yang diklaim ideal. Panjangnya 2105mm, lebar 835mm, tinggi 1165mm, dan jarak sumbu roda 1380mm.

Sedangkan ground clearance sendiri diketahui 265mm. Sehingga akan membuat berkendara aman dan nyaman, terutama saat melewati jalan yang curam atau berbatu.
Tak hanya itu, Kawasaki KLX 230 cukup ringan untuk kelas motocross mengingat bobotnya yang mencapai 132kg. Ini pasti akan memberikan dorongan tenaga motor yang lebih kuat, sehingga mudah untuk bermanuver.

Nah, melihat tampilan spek Kawasaki KLX 230 dari depan, sepertinya lampu depannya dibuat dalam kotak yang lebih besar.

Ditambah setang kemudi pada motor motocross Kawasaki ini, tergantung dari proporsi pengendaranya, terlihat sedikit lebih tinggi, sehingga lebih nyaman untuk mengendalikan motor ini. Juga lupa bahwa beberapa instrumen digital ditempatkan begitu elegan bersama dengan lampu depan.

Baca Juga :   17 Kelebihan dan Kekurangan Honda Scoopy 2022

instrumen digital pada Kawasaki KLX 230 kali ini cukup halus dan berfungsi penuh. Karena akan menampilkan beberapa informasi elemen indikator seperti speedometer, odometer, dual trip meter, indikator bahan bakar, jam digital dan indikator netral, lampu sein dan lampu kontak.
Kawasaki sendiri juga memiliki jok bergaya flat design yang berukuran lebar. Hal ini jelas untuk menunjang kenyamanan para pengendaranya saat berkendara di atas Kawasaki KLX 230 ini.

Bagian bawah tangki bahan bakar 7,5 liter juga disematkan di blok mesin, memberikan kesan gagah dan garang bagi orang-orang. Knalpot kemudian dibentuk dan diposisikan mengikuti arah lekukan pada desain jok belakang, yang sangat khas gaya sepeda off-road.

Jadi, secara umum bisa dikatakan desain yang diusung motor Kawasaki KLX 230 ini sangat keren, dan nuansa off-road yang gagah dan garang.

Frame dan Kaki-Kaki Kawasaki KLX 230

Melangkah ke segmen selanjutnya, Kami akan membahas spesifikasi Kawasaki KLX 230 dari sisi rangka dan kaki-kaki.

Dalam hal ini, sebagai motor motocross yang ditujukan untuk jalan yang lebih curam, Kawasaki juga mengandalkan model Diamond Frame. Sebab, rangka ini dinilai sangat kuat namun ringan.

Selain itu, untuk menunjang kenyamanan berkendara, Kawasaki KLX 230 sendiri akan menghadirkan suspensi yang handal. Pertama, di roda depan akan ditopang suspensi garpu teleskopik, sedangkan di belakang akan menggunakan suspensi ala New Uni Track Swingarm.

Dengan adanya suspensi tersebut tentunya dapat meredam getaran di jalan bergelombang dan membuat pengendara merasa lebih nyaman.
Di satu sisi, spek Kawasaki KLX 230 juga dilengkapi rem cakram single petal, 240mm di depan dan 220mm di belakang.

Menariknya, rem motor buatan pabrik asal Jepang ini sudah dilengkapi dengan pengereman ABS. Dengan cara ini, kecepatan kendaraan dapat dikontrol dengan baik, terutama saat pengereman mendadak.

Masih di bagian kaki-kaki, Kawasaki KLX 230 akan hadir dengan ban tubeless off-road berukuran 2.75-21 45P di depan dan 4.10-18 59P di belakang.

Sementara itu, bentuk roda off-roader Kawasaki yang dinilai sangat fit dan kendur ini telah disesuaikan dengan kondisi jalan yang terjal.

Fitur Kawasaki KLX 230

Kawasaki KLX 230 Resmi

Di sisi lain, fitur dari spek Kawasaki KLX 230 sendiri menjadi fokus dari Kami. Sebab, ada beberapa fungsi menarik yang sangat kompleks dan fleksibel.

Baca Juga :   New Nmax 160cc Versi 2021

Salah satu yang menarik dari motor motocross ini adalah indikator pengukurnya. Pertimbangkan itu datang dengan panel digital yang sangat informatif yang dapat menampilkan beberapa metrik seperti bahan bakar, lampu sein, lampu depan/lampu sorot, jam digital, odometer dan speedometer.

Selain itu, teknologi lampu LED juga menjadi keunggulan spesifikasi Kawasaki KLX 230 sebagai jaminan pencahayaan sehingga lebih hemat tanpa mengurangi kualitas pencahayaan. Ini akan mendukung ketika pengguna mengemudi di malam hari.

Di sisi lain, berkat dukungan sistem pengereman berteknologi ABS untuk mencegah ban selip saat melakukan pengereman mendadak, keselamatan pengendara juga akan terjamin. Jelas, fitur Kawasaki KLX 230 akan menjadi salah satu daya tarik yang akan dipertimbangkan oleh calon pembeli.

Spesifikasi Mesin Kawasaki KLX 230

Kawasaki KLX 230 Resmi

Mesin pada spek Kawasaki KLX 230 juga akan menjadi bagian yang akan Kita bahas secara mendalam. Mengingat, tentang proses penanganan daya.

Dalam hal ini, Kawasaki sendiri akan menggunakan mesin SOHC 2 katup dengan kapasitas tenaga 233cc dan berpendingin udara.

Dibekali dengan mesin spek Kawasaki KLX 230, motor ini tentu saja mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 14 Kw (19Ps) per 7.600 rpm dan torsi 19,8 Nm per 6.100 rpm.

Tak hanya itu, tenaga mesin yang dihasilkan akan disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan untuk memastikan efisiensi keluaran daya yang maksimal.

Sedangkan dari segi efisiensi bahan bakar, motor motocross KLX 230 ini dibekali dengan sistem injeksi berupa injeksi bahan bakar (32×1) yang dinilai cukup handal dalam menekan konsumsi bahan bakar, sehingga lebih hemat.

Oleh karena itu, sudah jelas dan pasti bahwa departemen mesin yang diusung Kawasaki KLX 230 akan menjadi jaminan sumber tenaga yang handal untuk menghasilkan tenaga yang maksimal dan sesuai dengan kebutuhan berkendara off-road.

Harga Kawasaki KLX 230

Dari segi harga, Kawasaki KLX230S dibanderol dengan harga Rp 49,9 juta, sedangkan Kawasaki KLX230SM dibanderol dengan harga Rp 54,5 juta. Harga Keduanya adalah harga OTR Jakarta.

Warna Kawasaki KLX 230

Kawasaki KLX 230 Resmi

Untuk memberikan pilihan kepada masyarakat Indonesia, Kawasaki KLX230S tersedia dalam berbagai pilihan warna yaitu Lime Green. Adapun Kawasaki KLX230SM hadir dalam warna Ebony, Oriental Blue, dan Lime Green.

Keunggulan Kawasaki KLX 230

  • desain lebih modern
  • Tenaga mesin dinilai lebih responsif berkat tipe mesin SOHC 233cc
  • Dilengkapi dengan rangka yang kokoh namun ringan
  • Rem dengan dukungan teknis ABS

Kekurangan Kawasaki KLX 230

  • Velg masih standar
  • Suspensi depan tidak digunakan terbalik dan terlihat lebih stylish Alias belum menggunakan suspensi Upside Down
  • Sistem pendingin belum menggunakan pendingin cair

Nah itulah masbro, pembahsan tentang spesifikasi & harga motor trail alias New Kawasaki KLX 230 Yang baru saj di rilis oleh kawasaki indonesia, semoga bermamfaat

Also Read

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Leave a Comment