Mau Modik Naik Motor? Simak Pilihan Oli Motor Matic Untuk Jarak Jauh

admin

Aufaproject46.com Hallo bro & sist,
Ada beberapa produk oli motor matic yang tersedia di pasaran untuk digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Sebagai konsumen, Anda dapat memilih produk yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda.

Jika membicarakan mengenai penggunaan oli motor matic untuk perjalanan jarak jauh, sebaiknya dipahami beberapa hal terlebih dahulu. Salah satunya adalah setiap jenis oli pasti memiliki umur pakai yang dapat diukur, salah satunya adalah melalui jarak tempuh yang telah ditempuh.

Menanggapi hal tersebut, produsen kendaraan roda dua sudah menetapkan jadwal penggantian oli untuk setiap produk yang mereka jual.

Umumnya, mayoritas produsen merekomendasikan untuk mengganti oli mesin setiap kali kendaraan menempuh jarak 4.000 km. Namun, terdapat beberapa catatan yang perlu diperhatikan.

Jarak tempuh 4.000 km merupakan batasan maksimum yang ditetapkan berdasarkan asumsi situasi normal saat berkendara di jalan raya. Hal ini diasumsikan ketika kondisi jalan cukup lancar, putaran mesin kendaraan normal, serta kecepatan berkendara tidak terlalu tinggi.

Bisa diasumsikan bahwa kebanyakan orang yang mencari oli motor matic untuk digunakan dalam perjalanan jarak jauh, kemungkinan besar akan menggunakan kendaraannya untuk perjalanan yang tidak biasa seperti mudik atau touring.

Perjalanan seperti itu bisa membuat pemilik kendaraan menghadapi situasi yang tidak terduga, seperti kemacetan parah atau kecepatan berkendara yang sangat tinggi.

Baca Juga :   Penyebab Dan Cara Mengatasi Knalpot Bocor

Kondisi seperti ini akan memberikan beban yang lebih berat pada oli mesin sehingga kondisinya akan lebih cepat menurun.

Dalam kondisi tersebut, sebaiknya penggantian oli mesin dilakukan lebih awal dari rekomendasi pabrikan, seperti pada saat kendaraan telah menempuh jarak 1.500 km atau 2.000 km.

Untuk memberikan gambaran, jarak 1.500 km adalah sekitar jarak tempuh pulang-pergi Jakarta-Surabaya melalui jalur Pantai Utara. Oleh karena itu, patokan penggantian oli pada jarak 1.500 km hingga 2.000 km dapat dianggap cukup jauh, terutama jika dilakukan dalam satu kali perjalanan.

Rekomendasi Oli Motor Matic untuk Jarak Jauh

Pilihan Oli Motor Matic Untuk Jarak Jauh
oli terbaik untuk motor matic injeksi

Jika ingin lebih mengamankan, tidak ada salahnya untuk mengganti oli setelah sampai di tempat tujuan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pelumasan tetap optimal saat sepeda motor digunakan dalam perjalanan pulang.

Sampai tahap ini, mungkin ada pembaca yang ingin tahu pilihan oli apa saja yang tersedia di pasaran untuk motornya. Namun sebelum itu, tidak ada salahnya untuk mengingat kembali fungsi oli yang terdapat di dalam mesin.

Berikut Fungsi Oli Mesin Sepeda Motor

Berikut adalah beberapa fungsi oli mesin pada sepeda motor. Oli mesin memiliki peran yang sangat vital sehingga setiap kendaraan bermesin konvensional membutuhkannya.

1. Fungsi Pelumasan

Salah satu fungsi utama dan yang paling jelas dari oli motor adalah memberikan pelumasan pada komponen-komponen yang berada di dalam mesin.

Harus diketahui bahwa mesin motor terdiri dari banyak komponen yang bergesekan satu sama lain. Oleh karena itu, oli diperlukan sebagai bantalan antara permukaan yang bersentuhan.

2. Membersihkan Jeroan Mesin

Gesekan antar komponen dalam mesin dapat menghasilkan partikel-partikel logam yang perlu dihilangkan. Oleh karena itu, membersihkan partikel-partikel tersebut juga merupakan salah satu tugas dari oli mesin.

Baca Juga :   Apasih Peran Spul Dalam Kelistrikan Sepeda Motor

3. Menjaga Suhu Mesin

Selain itu, menjaga suhu kerja mesin dalam batas yang optimal juga merupakan fungsi penting dari oli. Tanpa oli mesin, mesin dapat mengalami overheating.

Sebelumnya, kita telah membahas tentang sepeda motor tipe matic dan fungsi-fungsi oli mesin. Namun, perlu dicatat bahwa pemilik sepeda motor matic harus mengetahui jenis oli mesin yang cocok untuk kendaraan mereka.

Perlu diketahui bahwa oli mesin untuk sepeda motor matic dan manual memiliki perbedaan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan sistem pelumasan pada bagian transmisi antara keduanya.

Pada sepeda motor dengan transmisi manual, oli mesin juga berfungsi untuk melumasi gigi transmisi. Oleh karena itu, sistem ini dikenal dengan istilah kopling basah.

Namun, berbeda halnya dengan sepeda motor matic yang menggunakan kopling kering. Artinya, oli mesin hanya digunakan untuk melumasi mesin saja tanpa melibatkan transmisi.

Di sisi lain, Girboks memiliki oli pelumasnya sendiri yang sering disebut sebagai oli transmisi, oli gardan, atau oli matic.

Untuk memastikan Anda tidak memilih salah, perhatikan kode JASO MA atau JASO MB yang tertera pada kemasan oli. Kode JASO MA digunakan untuk motor dengan kopling basah, sedangkan JASO MB digunakan untuk motor dengan kopling kering.
Setelah mengetahui hal-hal tersebut, pengguna kendaraan bermotor jenis matic dapat langsung memilih produk oli khusus untuk perjalanan jarak jauh yang tersedia di pasaran saat ini. Untuk informasi lebih lengkap mengenai contoh-contoh produk tersebut, berikut adalah beberapa contohnya.

Pilihan Oli Motor Matic untuk Jarak Jauh

Pilihan Oli Motor Matic Untuk Jarak Jauh
Pilihan Oli Motor Matic Untuk Jarak Jauh

Sebagian besar produk yang tersedia di bawah ini adalah jenis oli full synthetic karena secara teoritis memiliki kualitas dan daya tahan yang lebih handal.

1. Motul Scooter Power LE 4T

Oli Yang Bagus Untuk Nmax
Saat ini, Oli Motul Scooter Power LE 4T dijual dengan harga sekitar Rp130 ribu untuk kemasan 800 ml. Oli ini memiliki viskositas 5W-40 dan sesuai untuk digunakan pada sejumlah jenis motor matic, termasuk NMax, Aerox, Lexi, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   5 Langkah Pemasangan Stiker Motor yang Mudah Dilakukan

Oli ini memiliki sifat dispersant dan detergent yang menjaga kebersihan mesin serta mencegah peningkatan viskositas.

2. Shell Advance Ultra Scooter 5W-40

Pilihan berikutnya adalah oli full synthetic dari merek Shell. Shell Advance Ultra Scooter 5W-40 hadir dalam kemasan 1 liter dan dijual dengan harga sekitar Rp108 ribu.

Oli ini dilengkapi dengan teknologi RCE (Reliability of Oil-Performance, Control, Enjoyable Ride) yang dirancang untuk membantu sepeda motor mencapai performa terbaik.

3. Castrol Power1 Matic

Castrol Power1 Matic tersedia dalam viskositas 5W-40 dengan kemasan 1 liter yang dijual dengan harga sekitar Rp73 ribu. Harga ini cukup terjangkau untuk sebuah pelumas yang telah menggunakan teknologi full synthetic.

Oli ini dilengkapi dengan teknologi Scootek yang diklaim dapat membuat akselerasi motor menjadi lebih halus dan responsif.

Produk ini dapat digunakan pada berbagai jenis motor matic yang populer, seperti Honda PCX, Honda Vario, Yamaha NMax, Yamaha Aerox, Yamaha Lexi, dan lain-lain.

4. Yamalube Super Matic

Oli Yang Bagus Untuk Nmax

Pemilik motor matic Yamaha yang ingin menggunakan oli pabrikan dapat memilih Yamalube Super Matic. Oli ini dijual dengan harga sekitar Rp72 ribu dan merupakan produk oli matic Yamalube yang paling tinggi karena menggunakan full synthetic.

5. Repsol Smarter Matic 4T

Pilihan selanjutnya adalah Repsol Smarter Matic 4T yang juga menggunakan teknologi full synthetic. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp160 ribu untuk kemasan 1 liter dengan tingkat viskositas 5W-40.

6. AHM Oil SPX 2

Bagi pemilik motor matic Honda, tersedia oli AHM SPX 2 yang juga menggunakan teknologi full synthetic. Oli ini tersedia dalam kemasan berukuran 800 ml dengan tingkat viskositas 10W-30.

Nah itulah Bro & sist beberapa rekomendasi Oli motor matick untuk jarak jauh atau bahkan untuk persiapan mudik yang rutenya cukup jauh dan menggunakan sepeda motor, semoga bermamfaat terimaksih .

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Also Read

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Leave a Comment